Pelatihan sebagai Upaya Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Kelas Bawah

Authors

  • Vici Vadila Putri Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.58737/jpled.v1i1.20

Keywords:

Training, Welfare Improvement, Lower Class Society

Abstract

Kesejahteraan sosial merupakan salah satu Hak Asasi Manusia, dengan demikian maka pembangunan kesejahteran sosial merupakan perwujudan dari upaya mencapai tujuan bangsa yang diamanatkan dalam Undang-Undang Dasar Negara Tahun 1945. Untuk mendapatkan suatu kesejahteraan masyarakat harus mampu memperbaiki segala sesuatu yang mencangkup seluruh perekenomian kehiduan merekaPengembangan ekonomi masyarakat bukan hanya tanggungjawab pemerintah pusat, Tujuan artikel ini adalah untuk mengetahui proses pemberdayaan melalui pendidikan nonformal dalam melaksanakan kegiatan pembinaan bagi masyarakat miskin untuk meningkatkan kesejahteraan sosial. Penelitian menggunakan metode studi kepustakaan. Berbagai sumber dianalisis untuk memperoleh simpulan dari penelitian ini. Melalui pelatihan menjahit yang akan diberikan kepada masyarakat kelas bawah, diharapkan masyarakat dapat meningkatkan perekonomiannya menuju masa depan yang lebih baik. Cukup banyak kegiatan pendidikan dan pendidikan yang diselenggarakan baik oleh suatu lembaga yang secara khusus menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pelatihan maupun yang dilakukan oleh suatu organisasi sendiri sehingga kualitas hasilnya selalu sesuai dengan kebutuhan. tidak sedikit masyarakat yang merasa bahwa pendidikan dan pelatihan yang diberikan kurang relevan dengan kebutuhan mereka. mampu menyesuaikan diri dengan tuntunan lingkungan merupakan target dari setiap pendidikan dan pelatihan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, M. A. (2018). eran Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Desa Pandansari. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 7(2), 779–787.

Dalimunthe, dkk. (2022). Upaya Peningkatan Kesejahteraan Keluarga melalui Pelatihan Perencanaan Keuangan. Jurnal Progresif, 2(2), 30–36. Retrieved from https://ejournal.stei.ac.id/index.php/PROGRESIF

Harahap, G. (2017). Koperasi & Pemberdayaan Masyarakat. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Humaini, A. (2018). Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Keterampilan Pembuatan Hand Made BerbasisvRumah Tangga. Jurnal Berdikari, 6(1).

Mangkuprawira, S. (2004). Managemen Sumber Daya Manusia Strategi. Jakarta: Ghalia, Indonesia.

Maspaitella, M. J. & Rahakbauwi, N. (2014). Pembangunan Kesejahteraan Sosial: Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pendekatan Pekerja Sosial. Jurnal Aspirasi, 5(2), 157–164.

Nilasari, S. (2014). Manajemen Strategi. Jakarta: Dunia Cerdas.

Panggabean, S. M. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bogor: Ghalia Indonesia.

Puspitasari, M. A., & Pratiwi, D. A. (2018). aktor Faktor yang Mempengaruhi Kesejahteraan Hidup Masyarakat Suku Laut Pulau Bertam Kota Batam. Jurnal Trias Politika, 2(2), 1–16.

Rahmawati, D. (2019). Implementasi Program Kerja PKK (Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga) dalam Pemberdayaan Ekonomi Rumah Tangga di Desa Ratna Chaton Kecamatan Seputih Raman Kabupaten Lampung Tengah. Jurnal Dakwah Dan Ilmu Komunikasi, 1(2), 79–91.

Rantung, J., Mandey, J., & Londa, V. (2014). Peranan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dalam Menggerakkan Partisipasi Masyarakat Desa. Jurnal Administrasi Publik, 2(1), 1–11.

Riana, N. R. (2014). laksanaan Peran Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Dalam Memberdayakan Perempuan. Jurnal Administrasi Publik, 5(3), 851–856.

Shalfiah, R. (2013). Peran Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dalam Mendukung Program Program Pemerintah Kota Bontang. Journal Ilmu Pemerintahan, 1(3), 976–984.

Sueb, M. dkk. (2019). Upaya Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Pemaksimalan Hasil Produksi Rumah Tangga di Wilayah Jatinangor. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(5), 121–122.

Sumardjo. (2019). Sinergi Penyuluhan dan Komunikasi Pembangunan di Era Komunikasi Digital dalam Mewujudkan Kesejahteraan. In Prosiding Seminar Nasional Penyuluhan, Komunikasi pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat (pp. 32–72). Padang: Universitas Andalas.

Teja, M. (2015). Pembangunan Untuk Kesejahteraan Masyarakat Di Kawasan Pesisir. Jurnal Aspirasi, 6(1), 63–76.

Downloads

Published

2021-03-31

How to Cite

Putri, V. V. (2021). Pelatihan sebagai Upaya Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Kelas Bawah. Journal of Practice Learning and Educational Development, 1(1), 36–41. https://doi.org/10.58737/jpled.v1i1.20