Moral Kerja Guru di SMK Negeri 1 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman

Authors

  • Rendi Algo Nardus Universitas Negeri Padang
  • Rifma Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.58737/jpled.v3i4.245

Keywords:

Moral Kerja Guru, SMK

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan hasil observasi penulis yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman, yang menunjukan bahwa masih belum maksimalnya moral kerja guru di SMK Negeri 1 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman dilihat dari aspek Semangat Kerja, Disiplin Kerja dan Tanggung Jawab. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif, dengan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang terdapat di SMK Negeri 1 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman berjumlah 51 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah 51 orang yang diambil dengan menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket dalam bentuk Skala Likert yang sudah di uji coba untuk mengetahui validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian didapatkan bahwa moral kerja guru di SMK Negeri 1 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman dari aspek semangat kerja mendapatkan skor rata-rata 4,40 yang sudah berada pada kategori baik, disiplin kerja mendapatkan skor rata-rata 4,48 yang sudah berada pada kategori baik, dan tanggung jawab mendapatkan skor rata-rata 4,36 yang sudah berada pada kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian penulis dapat menarik kesimpulan secara keseluruhan bahwa 3 indikator yang penulis teliti mencapai kriteria baik dengan skor rata-rata 4,41.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alkadri, H., Susanti, L., & Jaya, I. (2023). Identifikasi Kemampuan Guru dalam Pelaksanaan Tugas di SMA Negeri. Deduksi: Jurnal Dedikasi Edukasi, 2(2), 37–42.

Bafadal, I. (2006). Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar. Bumi Aksara.

Barnawi, & M. Arifin. (2012). Kinerja Guru Profesional. Instrumen Pembina, Peningkatan dan Penelitian. Ar-Ruzz Media.

Barnawi, & Mohammad Arifin. (2012). Instrumen Pembinaan, Peningkatan, dan Penilaian Kinerja Guru Profesional. Ar-Pu Media.

Hadiyanto. (2013). Manajemen Peserta Didik, Bernuansa Pendidikan Karakter. UNP Press.

Hasibuan, M. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara.

Hasibuan, M. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. PT Bumi Aksara.

Maupula, P. (2010). Hubungan antara Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Organisasi Sekolah, Profesionalisme Guru dan Kepuasan Guru dengan Kinerja Guru SD Negeri di Kota Kupang. Malang: PPS Universitas Negeri Malang.

Musyafa’ah, L., Bustami, A. & D. (2023). Application of Interpersonal Communication with an Andragogical Approach in Improving the English Competence of Dhuafa Orphans. Spektrum: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 11(1), 92–99.

Pratama, A. J. (2015). Moral Kerja Guru di SMK Negeri 6 Kota Padang. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 3(2), 879–1265.

Rifma. (2016). Optimalisasi Pembinaan Kompetensi Pedadogik Guru: Dilengkapi Model Pembinaan Kompetensi Pedadogik Guru. Kencana.

Sunarto, K. (2005). Pengantar Sosiologi. Unniversitas Indonesia Publishing.

Werang, B. R. (2014). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Moral Kerja Guru, dan Kepuasaan Kerja terhadap Kinerja Guru SDN di Kota Merauke. Cakrawala Pendidikan.

Downloads

Published

2023-12-12

How to Cite

Nardus, R. A. ., & Rifma. (2023). Moral Kerja Guru di SMK Negeri 1 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman. Journal of Practice Learning and Educational Development, 3(4), 386–390. https://doi.org/10.58737/jpled.v3i4.245