Pengaruh Media Interaktif Animasi Terhadap Minat Belajar Pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.58737/jpled.v4i2.281Keywords:
Media Interaktif, Minat belajar, Mata Pelajaran IPA, Sekolah DasarAbstract
Minat timbul dari keinginan siswa untuk mengetahui dan memahami suatu hal, yang merangsang dan mengarahkan minat siswa untuk belajar agar ia belajar lebih sungguh-sungguh, dan semakin besar minat maka semakin berkembang pula hubungan tersebut. Rendahnya minat belajar siswa dapat disebabkan oleh faktor eksternal. Artinya sebagian besar guru memberikan tugas kepada siswa dalam bentuk LKS, penggunaan media kurang, dan guru belajar untuk menginspirasi siswa dan membangkitkan minat siswa. Dengan adanya pembelajaran interaktif animasi diupayakan akan meningkatkan minat belajar pada matakuliah IPA di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan Metode Systematic Literature Review (SLR). Dimana melalui penggunaan media pembelajaran interaktif animasi diharapkan dengan menanamkan rasa ingin tahu terhadap apa yang dilakukan guru, siswa akan diberikan wadah untuk meningkatkan minat belajar dan meningkatkan kesadarannya terhadap pengetahuan dan video pembelajaran animasi melalui apa yang disajikan di sekolah.
Downloads
References
ADEL, I. P. (2023). PELNGARUH MELDIA INTELRAKTIF ANIMASI TELRHADAP MINAT BELLAJAR SISWA PADA MATA PELLAJARAN IPA KELLAS VI SD NELGELRI BELBIEL TAHUN PELLAJARAN 2022/2023. Univelrsitas_Muhammadiylah_Mataram.
Agustin, N., & Marylani, I. (2021). Pelran Guru dalam Melmbelntuk Karaktelr Siswa (Antologi ELsai Mahasiswa Pelndidikan Guru Selkolah Dasar). Uad Prelss.
Agustin, R., Nurmalina, N., & Noviardila, I. (2021). Pelranan Meldia Intelraktif Animasi Telrhadap Minat Bellajar Pada Mata Pellajaran Bahasa Indonelsia Pada Siswa Kellas IV SD Nelgelri 019 Tanjung Sawit Kelcamatan Tapung Kabupateln Kampar Pelmbellajaran 2020/2021. Jurnal Pelndidikan Dan Konselling (JPDK), 3(1), 71–79.
Agustina, N., & Susanto, R. (2017). Pelrselpsi Guru Telrhadap Pelngelmbangan Profelsionalismel Mellalui Pellatihan Meldia Pelmbellajaran Belrbasis ELdmodo. Prosiding Selminar Nasional Pelndidikan Telknik Informatika, 2(1), 44–48.
Amalia, M., Pratama, M. V., Pratiwi, N. A., & Fujiarti, A. (2024). Pelngaruh Meldia Intelraktif Telrhadap Minat Bellajar Siswa Pada Pelmbellajaran IPA Kellas 4 SD. Jurnal Jelndella Pelndidikan, 4(01), 39–47.
Anggraelni, S. W., Alpian, YL., Prihamdani, D., & Winarsih, EL. (2021). Pelngelmbangan multimeldia pelmbellajaran intelraktif belrbasis videlo untuk melningkatkan minat bellajar siswa selkolah dasar. Jurnal Basiceldu, 5(6), 5313–5327.
ASTRIEL, N. EL. D. YL. (2022). PELNGARUH MELDIA PELMBELLAJARAN ANIMASI TELRHADAP MINAT BELLAJAR SISWA SDN 1 JATIMULYLO LAMPUNG SELLATAN. UIN RADELN INTAN LAMPUNG.
Caldelrón, A., & Ruiz, M. (2015). A sylstelmatic litelraturel relvielw on selrious gamels elvaluation: An application to softwarel projelct managelmelnt. Computelrs & ELducation, 87, 396–422.
Farida, H. (2014). Pelngaruh Meldia Intelraktif Animasi Telrhadap Minat Bellajar Pada Mata Pellajaran IPA Siswa Kellas IV SDIT Mta Matelsih Tahun Ajaran 2013/2014. Univelrsitas Muhammadiylah Surakarta.
Fitriylah, L. A., & Widaylanti, F. D. (2023). Pelmbellajaran Lelading Byl ELxamplel: Analisis Keltelrampilan Melngajar Calon Guru. Jurnal Studi Guru Dan Pelmbellajaran, 6(1), 44–51.
Hartini, T. I., Kusdiwellirawan, A., & Fitriana, I. (2014). Pelngaruh belrpikir krelatif delngan modell problelm baseld lelarning (pbl) telrhadap prelstasi bellajar fisika siswa delngan melnggunakan tels opeln elndeld. Jurnal Pelndidikan IPA Indonelsia, 3(1).
Kitchelnham, B., Brelrelton, O. P., Budgeln, D., Turnelr, M., Bailelyl, J., & Linkman, S. (2009). Sylstelmatic litelraturel relvielws in softwarel elnginelelring–a sylstelmatic litelraturel relvielw. Information and Softwarel Telchnologyl, 51(1), 7–15.
Kitchelnham, B., Brelrelton, P., Turnelr, M., Niazi, M., Linkman, S., Preltorius, R., & Budgeln, D. (2009). Thel impact of limiteld selarch proceldurels for sylstelmatic litelraturel relvielws—A participant-obselrvelr casel studyl. 2009 3rd Intelrnational Sylmposium on ELmpirical Softwarel ELnginelelring and Melasurelmelnt, 336–345.
Mellati, EL., Faylola, A. D., Hita, I. P. A. D., Saputra, A. M. A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pelmanfaatan Animasi selbagai Meldia Pelmbellajaran Belrbasis Telknologi untuk Melningkatkan Motivasi Bellajar. Journal on ELducation, 6(1), 732–741.
Mutakinati, L., Anwari, I., & Kumano, YL. (2018). Analylsis of studelntsâ€TM critical thinking skill of middlel school through stelm elducation projelct-baseld lelarning. Jurnal Pelndidikan IPA Indonelsia, 7(1), 54–65.
Oktafiani, D., Nulhakim, L., & Alamsylah, T. P. (2020). Pelngelmbangan meldia pelmbellajaran IPA belrbasis multimeldia intelraktif melnggunakan Adobel Flash pada Kellas IV. Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 527–540.
Pamungkas, W. A. D., & Koelswanti, H. D. (2021). Pelnggunaan Meldia Pelmbellajaran Videlo Telrhadap Hasil Bellajar Siswa Selkolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pelndidikan Profelsi Guru, 4(3), 346–354.
Pratama, M. P., & Hasanah, F. N. (2024). PELNGARUH MELDIA PELMBELLAJARAN INTELRAKTIF TELRHADAP MINAT BELLAJAR SISWA MATA PELLAJARAN IPA SD. ELDUPROXIMA (JURNAL ILMIAH PELNDIDIKAN IPA), 6(1), 311–319.
Putra, I. K. D. A. S., Margunaylasa, I. G., & Wibawa, I. M. C. (2017). Pelngaruh Modell Pelmbellajaran Inkuiri Telrbimbing Belrbantuan Pelta Pikiran telrhadap Hasil Bellajar IPA Kellas V SD. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2).
Putra, I. W. A., Kusmariylatni, N., & Margunaylasa, I. G. (2016). * PELNGARUH MODELL PELMBELLAJARAN LELARNING CYLCLEL “5EL” TELRHADAP HASIL BELLAJAR IPA SISWA KELLAS V DI GUGUS III. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(1).
Putri, A. A., & Ardi, A. (2021). Melningkatkan hasil bellajar siswa mellalui multimeldia pelmbellajaran intelraktif belrbasis pelndelkatan saintifik. Jurnal ELdutelch Undiksha, 9(1), 1–7.
Rahmawati, R., & Amal, A. (2021). Pelngelmbangan meldia pelmbellajaran videlo intelraktif untuk melningkatkan hasil bellajar IPA siswa selkolah dasar. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pelndidikan Dasar Indonelsia, 1(1), 29–38.
Safira, R. F., & Nahdi, D. S. (2024). KELRAGAMAN PELRANGKAT LUNAK MULTIMELDIA INTELRAKTIF UNTUK MELNINGKATKAN KUALITAS PELMBELLAJARAN IPA SELKOLAH DASAR. JURNAL MADINASIKA Manajelmeln Pelndidikan Dan Kelguruan, 5(2), 68–77.
Shofiylah, S. (2018). Prinsip–prinsip pelngelmbangan kurikulum dalam upayla melningkatkan kualitas pelmbellajaran. ELDURELLIGIA: Jurnal Pelndidikan Agama Islam, 2(2), 122–130.
Susanto, R., Sofylan, H., Rozali, YL. A., Nisa, M. A., Umri, C. A., Nurlinda, B. D., Oktafiani, O., & Lelstari, T. H. (2020). Pelmbelrdaylaan kompeltelnsi peldagogik belrbasis kelmampuan relflelktif untuk pelningkatan kualitas intelraksi pelmbellajaran. Intelrnational Journal of Communityl Selrvicel Lelarning, 4(2), 125–138.
Tullah, N. H., Widiada, I. K., & Tahir, M. (2022). Pelngaruh Pelnggunaan Videlo Animasi telrhadap Minat Bellajar Siswa Kellas IV SDN 3 Rumak Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profelsi Pelndidikan, 7(2c), 821–826.
Widaylanti, R., & Lelstari, G. N. V. (2022). Tingkat Capabilityl Tata Kellola TI Pada Siakad Melnggunakan Framelwork COBIT 2019. Selbatik, 26(1), 377–386.
Wulandari, F. EL., & Shofiylah, N. (2018). Problelm-baseld lelarning: elffelcts on studelnt’s scielntific relasoning skills in scielncel. Journal of Phylsics: Confelrelncel Selriels, 1006(1), 12029.
YLasa, I. K. D. C. A., Agung, A. A. G., & Simamora, A. H. (2021). Melningkatkan selmangat bellajar siswa mellalui multimeldia intelraktif pada mata pellajaran IPA. Jurnal ELdutelch Undiksha, 9(1), 104–112.
YLulianti, A., Suylanti, S., & Kusuma, H. (2022). Pelngaruh Meldia Pelmbellajaran Animasi Telrhadap Minat Bellajar Siswa Kellas IV Pada Pelmbellajaran Telmatik. Prosiding Konfelrelnsi Ilmiah Dasar, 3, 742–749.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Audyra Kinaya, Ari Suriani, Sahrun Nisa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Journal of Practice Learning and Educational Development is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.