Analisis Kompetensi Profesional Guru

Authors

  • Yeni Gusmiati Mia Universitas Negeri Padang
  • Sulastri Sulastri Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.58737/jpled.v3i1.93

Keywords:

Analisis, Kompetensi Profesional, Guru

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kompetensi profesional guru di SMK Negeri 2 Padang yang masih belum sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan mengetahui analisis kompetensi professional guru dalam mengelola desain media pembelajaran berbasis digital, menguasai materi pembelajaran, melaksanakan evaluasi hasil belajar siswa, mengelola program mengajar, dan faktor pendukung, faktor penghambat serta solusi untuk mengatasi faktor penghambat dalam pelaksanaan kompetensi professional guru di SMK Negeri 2 Padang. Metode deskriptif kualitatif merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Reduksi data digunakan untuk menganalisis dan menafsirkan fakta, dan penulisan naratif digunakan untuk mengkomunikasikan data dan menarik kesimpulan. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kurikulum, wakil manajemen mutu, wakil kesiswaan, guru, dan siswa di SMK Negeri 2 Padang. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa SMK Negeri 2 Padang: 1) sudah menggunakan desain media pembelajaran berbasis digital dengan memanfaatkan fasilitas yang sudah disediakan oleh sekolah seperti komputer, dan menggunakan system mirroring atau system wareless display tanpa menggunakan kabel sebagai penghubung melainkan bisa dengan bluetooth, 2) guru di SMK Negeri 2 Padang dalam menguasai materi melihat kondisi yang ada dan mengaitkan materi pembelajarannya dengan kondisi yang terjadi pada saat ini, 3) dalam melaksanakan evaluasi hasil belajar siswa guru sudah melakukan dengan memberikan soal latihan maupun tes untuk mengukur kemampuan siswa, 4) dalam mengelola program mengajar guru sudah mengupayakan merumuskan tujuan pembelajaran dan melihat capaian pembelajaran, 5) faktor pendukung dalam kompetensi profesional guru di SMK Negeri 2 Padang adalah tersedianya sarana dan prasarana yang dibutuhkan, sedangkan faktor penghambatnya masih ada guru yang belum optimal dalam penggunaan IT, 6) solusi untuk mengatasi persoalan tersebut dengan mengikuti pelatihan, lokakarya, house training, MKG, dan KKG.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Angga, Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, & Prihantini. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu 6(4):5877 – 5889.

Arsy, S. M. S. S. (2022). Implementasi Kompetensi Profesional Guru Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Padang. Journal Educational Administration And Leadership 2(4):337–41.

Asmarani, N. (2014). Peningkatan Kompetensi Porfesional Guru Di Sekolah Dasar. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan 2(1):503–10.

Cahyadi, Ani. (2019). Pengembangan Media Dan Sumber Belajar: Teori Dan Prosedur. Serang: Penerbit Laksita Indonesia.

Dwi, S., Nasution, F., Indria, S., & Hadi, W. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Digital Dalam Mensukseskan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Masa Pandemi. In Prosiding Seminar Nasional Pbsi-Iv Tahun 2021 Tema: Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Berbasis Digital Guna Mendukung Implementasi Merdeka Belajar.

Efyanto, Dwi. (2021). Analisis Penerapan Kebijakan Merdeka Belajar Pada Kurikulum SMK. Universitas Muhammadiyah Malang.

Fadjriah, H., Desnaranti, L., Wahyuni, S. (2021). Peran Guru Dalam Memotivasi Belajar Siswa Selama Kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh. Research And Development Journal Of Education 7(1).

Hurqa, Hurwatil, & Alkadri, H. (2022). Kompetensi Profesional Guru Dalam Pembelajaran Di SMK Negeri 2. Journal Educational Administration And Leadership 1:1–3.

Ikbal, Panji Alam Muhamad. (2018). Manajemen Pengembangan Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Isema : Islamic Educational Management 3(1):65–75.

Ismail. (2016). Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Aktif Di Sekolah. Uin Ar-Raniry. Jurnal Edukasi (Jurnal Bimbingan Konseling 2(1).

Kadri, A., H, Sinta, P., & Jaya, I. (2022). Analisis Kompetensi Profesional Guru Di SMK. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan 11(2):187–91.

Mayang, Y., Sulastri, Nellitawati, & AlKadri, H. (2021). Persepsi Siswa Terhadap Kompetensi Profesional Guru Di Sekolah Menengah Kejuruan (Smk) Negeri Padang Panjang. Journal Of Educational Administration And Leadership 2(2):110–15.

Muhammad, Anwar. (2018). Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Rineka Cipta

Mulyasa, E. (2015). Menjadi Guru Profesional. In Menjadi Guru Profesional.

Payong R. Marselus. (2011). Sertifikasi Profesi Guru Konsep Dasar, Problematika Dan Implementasinya. Depok, Jawa Barat: Pt. Indeks Jakarta.

Rahman, Ali. (2018). Desain Model Dan Materi Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Al-Ishlah. Jurnal Studi Pendidikan. Vol Xvi No.2.

Ramli, M. (2012). Media Dan Teknologi Pembelajaran. Antasari Press.

Resya, F., Hasanah, S., Yuliyani, S., Ratnasari, A., dkk. (2021). Penerapan Kurikulum Operasional Sekolah Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Smk Golden Stkip Muhammadiyah Bogor. In Prosiding Seminar Nasional :Menjawab Tantangan Dan Peluang Administrasi Pendidikan Di Era Covid19 Tahun Kedua.

Roestiyah. (2015). Strategi Belajar Dan Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Saripudin. (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kompetensi. Invotec X(1):67–88.

Warman, dkk. (2022). Perilaku Organisasi Di Bidang Pendidikan. Jejak Pustaka.

Downloads

Published

2023-03-04

How to Cite

Mia, Y. G., & Sulastri, S. (2023). Analisis Kompetensi Profesional Guru. Journal of Practice Learning and Educational Development, 3(1), 49–55. https://doi.org/10.58737/jpled.v3i1.93