Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android Menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS6

Authors

  • laura fauzana UNIVERSITAS NEGERI PADANG
  • Desyandri Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.58737/jpled.v2i2.43

Keywords:

multimedia interaktif, Adobe Flash CS6, model ADDIE

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan multimedia interaktif berbasis Android menggunakan aplikasi Adobe Flash CS6 pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V Sekolah Dasar yang valid dan praktis. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan R&D (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu, Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN 26 Air Tawar Timur. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi ahli, angket respon guru dan siswa. Hasil dalam penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif berbasis android dengan menggunakan aplikasi Adobe Flash CS6 valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran Theme 7 kelas V SD dengan persentase validitas oleh ahli media 94,28%, ahli materi 90,67%, ahli bahasa 94,28% % , kepraktisan guru 92,5% dan kepraktisan siswa 96,66%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Desyandri, Desyandri, Muhammadi, M., Mansurdin, M., & Fahmi, R. (2019). Development of integrated thematic teaching material used discovery learning model in grade V elementary school. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 7(1), 16. https://doi.org/10.29210/129400

Desyandri, Desyandri, Taufina, T., Mansurdin, M., Arwin, A., & M. C. Tamara, Y. M. C. T. (2019). Analysis of the Mastery of the Nusantara Songs in 4th Grade Elementary School Students, 382(Icet), 482–485. https://doi.org/10.2991/icet-19.2019.122

Desyandri, Dori, & Vernanda. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar Menggunakan Identifikasi Masalah. Seminar Nasional HDPGSDI Wilayah 4, 163–174.

Efendi, S., & Reinita, R. (2019). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Menggunakan Pendekatan Vct Model Matriks Di Sdn 36 Cengkeh Kota Padang. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 8(2), 70. https://doi.org/10.24036/bmp.v8i2.104854

Ellistya Hayati Ulfa. (2020). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android pada pembelajaran tematik kelas iv sd/mi.

Faisal, M. (2019). KURIKULUM 2013 DI SD (Teori dan Aplikasi). Yogyakarta: Diandra Creative.

Hamdan Husein Batubara. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika berbasis Android untuk Siswa SD/MI, 87(1,2), 149–200.

Harun, G. J., & Fitria, Y. (2020). Desain Multimedia Interaktif Berbantuan Software Adobe Flash CS6 untuk Siswa Kelas V SD. … Inovasi, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8.

Jones, B. A. (2014). Instructional Design in a Business English Context, (1), 683–696.

Khuzaini, N., & Yogo Sulistyo, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Menggunakan Adobe Flash Cs6 Pada Materi Segiempat Dan Segitiga. Pros. Konf. Pendidik. Nas., P, 178–183.

Marryono Jamun, Y. (2018). Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan, (10), 48–52.

Miaz, Y., Helsa, Y., Zuardi, Yunisrul, Febrianto, R., & Erwin, R. (2019). The development of interactive multimedia-based instructional media for elementary school in learning social sciences. Journal of Physics: Conference Series, 1321(3). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/3/032107

Muyaroah, S., & Fajartia, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(2), 22–26. https://doi.org/10.15294/ijcet.v6i2.19336

Nugraha, S. P., Tullah, R., & Dzulhaq, M. I. (2017). Sistem Informasi Akademik Sekolah Berbasis Web Kurikulum 2013. Jurnal Sisfotek Global, 7(1), 1–5.

Oktafiani, D., Nulhakim, L., & Alamsyah, T. P. (2020). Pengembangan media pembelajaran IPA berbasis multimedia interaktif menggunakan Adobe Flash pada Kelas IV. Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 527–540.

Purwanto, N. (2012). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran.

Rahman, A., & Nuryana, Z. (2019). Pendidikan Islam di Era Revolusi Industri 4.0, 34–0. https://doi.org/10.31219/osf.io/8xwp6

Sadri, M., Adisaputera, A., & Daulay, S. (2020). The Development of Character-Based Assessment Instruments in Poetry Writing Material for Class X Students of SMA Negeri 3 Medan. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(4), 1884–1905. https://doi.org/10.33258/birle.v3i4.1411

Vina Apriyani. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash Pada Tema 3 Kelas V Sd/Mi.

Zunaidah, F. N., & Amin, M. (2016). Developing the Learning Materials of Biotechnology Subject Based on Students’ Need and Character of Nusantara Pgri University of Kediri. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 2(1), 19–30. https://doi.org/10.22219/jpbi.v2i1.3368

Downloads

Published

2022-06-26

How to Cite

fauzana, laura, & Desyandri. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android Menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS6. Journal of Practice Learning and Educational Development, 2(2), 71–79. https://doi.org/10.58737/jpled.v2i2.43